yogadioika.blogspot.com - Tips dan Trick, Cara Jualan di Lazada Lengkap Laris 2021 ini Buat Anda yang ingin
mulai jualan di Lazada, konten ini bisa Anda jadikan salah satu acuan. Terutama
untuk pemula yang ingin melebarkan sayap usahanya ke situs marketplace.
Anda akan mendapat
penjelasan komplit tentang bagaimana membuka toko, upload produk, optimasi
konten, promosi produk, hingga mempercantik dekorasi toko. Hingga produk Anda
berhasil laku.
Semua kami rangkum dalam
konten yang mudah dicerna. Bisa dipraktekkan lewat HP atau PC. Mari kita mulai.
Kenapa Jualan di Lazada?
Alasan mendasar untuk Anda sebelum memantapkan diri dan mulai jualan di
Lazada. Apa saja keunggulannya?
No. #1 di Asia Tenggara
Yap. Anda tidak salah baca.
Mereka sudah hampir menguasai Asia Tenggara dengan 100 juta download aplikasi
di seluruh Asia Tenggara. Pencarian nomor satu baik di Google Play Store maupun
AppStore. Jumlah kunjungannya juga paling atas.
Meski untuk negara kita, Cara Jualan di Lazada masih menduduki nomor #2 di PlayStore dan #3 di
AppStore. Jumlah kunjungan web-nya mencapai 24 juta per bulan.
Secara keseluruhan, Lazada menduduki peringkat ke-4 marketplace terbaik di
Indonesia.
Seller Support-nya Optimal
Sebagai penjual, kita sangat didukung oleh pihak Lazada dalam mengembangkan
usahanya.
Mereka setidaknya memiliki 4 layanan yang sangat membantu pemilik toko
berjualan, yakni:
1. Lazada University. Sebuah kursus online yang didedikasikan khusus
bagi para pemilik toko. Hanya penjual yang resmi terdaftar, yang dapat
mengakses kursus ini secara gratis.
Dipandu oleh ahli, mulai dari menyiapkan toko, upload produk, optimasi konten,
meningkatka penjualan, hingga mengatur keuangan bisnis.
2. Lazada Customer Care. Sebuah unit layanan terpadu dari Cara Jualan di Lazada yang
sangat gesit menanggapi setiap keluhan, baik dari pembeli maupun penjual.
Seluruh pertanyaan telah tersedia jawabannya di halaman Help Center. Bahkan
kalau masih belum jelas, tim CS siap membantu kita dengan sigap.
3. Connect with Lazada. Seluruh anggota baik penjual dan pembeli bisa
terkoneksi di satu forum bernama DingTalk. Di sini, kita bisa saling berbagi,
tanya jawab, saling bantu.
4. Lazada Service Marketplace. Ini unik juga. Anda sebagai pemilik toko
bisa memesan jasa untuk optimasi toko, konten produk, foto produk, dan apapun
itu yang berhubungan dengan Lazada.
Layaknya memesan jasa di agensi seperti biasa. Namun bedanya, semua dirangkum
dalam marketplace khusus untuk penjual di Lazada.
Baik, kami kira sudah cukup paham tentang keunggulan Lazada. Kali ini kita
langsung bahas cara jualan di Lazada. Scroll yuk.
1. Buka situs web Lazada.co.id.
2. Klik tombol Menjadi Seller > Daftar Sekarang.
3. Pilih Perorangan jika usaha masih rumah produksi, atau pilih Perusahaan jika
usaha sudah punya SIUP.
4. Isikan data seperti Nama Toko, Email, No HP, dan Password.
5. Tunggu SMS dari Lazada berupa kode unik, silakan paste di kolom yang
tersedia.
6. Geser tombol untuk verifikasi.
7. Centang Syarat & Ketentuan Perjanjian Marketplace Lazada.
8. Klik Daftar.
9. Selesai.
Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman khusus untuk mengisi data identitas
diri, rekening bank, dan alamat toko.
Upload Produk Pertama
Toko Anda sudah berhasil didaftarkan, sekarang saatnya mengisi produk
pertama. Berikut Cara Jualan di Lazada :
Masuk ke akun Seller Center Lazada.
Klik menu Produk > Tambah Produk.
Isikan rincian produk dengan komplit. Meliputi:
– Nama Produk
– Kategori
– URL Video (jika ada)
– Atribut Produk (Merk, Tipe, Bahan, Motif)
– Deskripsi Pendek
– Deskripsi Panjang
– Apa yang ada di dalam kotak
– Variasi Produk (Warna, Ukuran)
– Gambar Produk (min. 3)
– Harga
– Stok
– Garansi (jika ada)
– Berat & Dimensi
Kalau sudah komplit, klik tombol Submit.
Selesai.
Optimasi Konten Produk
Setelah
toko berhasil dibuat dan produk pertama dirilis, sekarang kita fokus untuk
mengoptimalkan konten jualan di Lazada supaya mampu menarik pembeli.
Jual Produk
Kriteria judul di Cara Jualan di Lazada yang bagus untuk produk di Lazada, ialah jelas dan singkat.
Jelas, artinya ada informasi tentang merek, model, dan tipe. Singkat, artinya
tidak lebih dari 15 kata. Sudah, itu saja? Yap. Simpel kok.
Contohnya seperti ini.
A. [HMNS] Parfum Lokal Aroma Alpha – Unisex 100ml <– Bagus! 🙂
B. Parfum Terbaik dan Termurah untuk Pria & Wanita <– Terlalu umum,
kurang spesifik 🙁
Judul A lebih disarankan untuk Anda pakai, karena sudah memenuhi rumus: Merk
+ Model + Tipe + Ukuran.
Nanti, silakan Anda kreasikan sendiri. Lama-lama juga akan terbiasa. Terus
perbanyak perbendaharaan kata ya
Kategori Produk
Kenapa
kategori itu penting?
Karena, saat ingin berbelanja, sebagian besar pengguna (calon pembeli) mencari
produk lewat menu kategori di aplikasi ataupun web.
Untuk Cara Jualan di Lazada Mereka terbiasa berbelanja menggunakan filter kategori produk yang mereka cari.
Kalau Anda keliru dalam mengisi kategori, maka kemungkinan besar produk Anda
kurang tepat sasaran.
Lalu, bagaimana cara mengisi kategori dan mengoptimalkannya?
1. Gunakan saran kategori yang diberikan oleh algoritma Lazada. Saran
ini akan muncul setelah Anda mengisi nama produk (judul).
2. Intip toko lain, tiru cara mereka menggunakan kategori produk. Tentunya
toko yang sudah punya banyak penjualan dan review positif ya.
Cara ini cukup efektif untuk mengoptimalkan kategori di toko Anda. Sekarang
lanjut ke bagian mengisi deskripsi.
Deskripsi Panjang
Gunakan fitur Promosi
Konten produk jualanyang ada di Cara Jualan di Lazada
sudah dioptimasi, kini saatnya kita mendongkrak penjualan dengan fitur
promosi. Apa saja fiturnya?
Naikkan Produk (Gratis)
Fitur ini gratis. Bisa menaikkan produk Anda di halaman pencarian Lazada.
Namun, fitur ini hanya berlaku kalau Anda sudah memenuhi beberapa syarat
berikut:
Rating seller positif
>70%.
Produk yang tayang >3.
Respon penjual lewat
chatting >85%.
Toko sudah didesain custom.
Cara mengaktifkan fitur Naikkan
Produk di Lazada adalah sebagai berikut:
Masuk ke Seller Center
Lazada.
Klik menu Promosi >
Add Product.
Pilih produk yang akan
dinaikkan. Klik Add.
Kuota maksimal 3 produk.
Klik tombol Submit.
Selesai.
Afiliasi Sponsor (Berbayar)
Sistemnya begini. Anda
mendaftarkan produk ke Afiliasi Bersponsor. Lalu, sistem Lazada bekerja
untuk mempromosikan produk Anda di Mitra Afiliasi.
Nah, Mitra Afiliasi ini ada banyak. Mulai dari Content Creator, Pemilik
Situs Populer, Aplikasi Cashback seperti Shopback, iPrice, Priceza, TrueMoney,
dan banyak lagi.
Intinya, Anda tinggal duduk manis dan biarkan mereka mempromosikan produk
Anda.
Lalu, berapa biayanya?
Setiap transaksi yang berhasil dikonversi, Anda diwajibkan membayar komisi
kepada Mitra Afiliasi. Tapi tenang, biarkan sistem Lazada yang
mengurusnya.
Anda hanya perlu mengatur komisi yang diberikan oleh toko Anda. Berikut
rekomendasi tarif komisi Afiliasi menurut Lazada:
Kategori Produk
Komisi
Elektronik,
Handphone & Tablet
5%
Elektronik,
Peralatan Rumah Tangga
7%
Fast
Moving Consumer Good (FMCG)
10%
Fashion
15%
Merchandise
15%
Lainnya
10%
Cara bergabungnya bagaimana? Cukup simpel.
Masuk ke Seller Center
Lazada.
Klik menu Promosi >
Afiliasi Bersponsor.
Silakan atur campaign,
jangka waktu, dan komisi.
Klik tombol Submit.
Selesai.
Pencarian Bersponsor (Berbayar)
Untuk tahap Cara Jualan di Lazada dibagian Alias Pay per Click / Bayar
per Klik. Anda mengiklankan produk di halaman pencarian Lazada dan
sections Saran Produk.
Arti dari PPC ialah, Anda membayar apabila ada orang yang me-klik
produk Anda.
Kelebihan menggunakan Pencarian Bersponsor tentu produk Anda akan lebih tepat
sasaran.
Caranya bagaimana? Cukup mudah.
Masuk ke Seller Center
Lazada.
Klik menu Sponsored
Solutions > Sponsored Search.
Centang menu Syarat &
Ketentuan.
Klik tombol Start Now.
Setelah itu, akan muncul halaman
campaing. Ada beberapa hal yang perlu Anda atur, yakni:
Nama campaign. Silakan isi sesuai
keinginan Anda.
Budget harian. Isi berapa biaya yang ingin
Anda keluarkan tiap harinya.
Durasi campaign. Berapa hari Anda ingin
beriklan.
Pilih produk. Pilih beberapa produk yang
ingin diiklankan.
Kata kunci. Sesuaikan kata kunci produk
yang paling relevan.
Bid. Berapa biaya per klik yang
diinginkan.
Setelah semuanya komplit, klik tombol Submit.
Seller Voucher (Berbayar)
Anda bisa meningkatkan
pengunjung toko dengan menggunakan promo belanja online / voucher. Selain
itu, angka konversi dan jumlah barang yang dipesan juga bisa meningkat lho.
Cara menambah voucher di toko Anda adalah seperti ini.
Masuk ke Seller Center
Lazada.
Klik menu Promosi >
Seller Voucher.
Klik tombol Buat Voucher
Baru.
Silakan atur Voucher
Anda, meliputi:
– Jenis
voucher (diskon, potongan, cashback)
– Nama voucher (sesuai brand Anda)
– Masa berlaku (awal dan akhir)
– Jumlah total voucher
– Jumlah voucher yang bisa di-redeem oleh pembeli
– Tempat di mana voucher Anda ditampilkan
– Tipe diskon (potongan harga / potongan persen)
– Maksimum pembelian
Pilih produk yang bisa
dibeli dengan voucher.
Klik tombol Submit.
Selesai.
Percantik Dekorasi Toko
Angka transaksi jualan di Lazada
sudah mulai stabil, kini kita mulai bermain dengan dekorasi supaya pengunjung
makin betah berbelanja di toko Anda.
Header Toko
Perhatikan Cara Jualan di Lazada untuk Anda harus berikan identitas toko Anda lewat tampilan header. Pilih desain header
yang sesuai dengan brand.
Cukup jelaskan nama brand, tagline, dan ilustrasi maskot atau produk yang Anda
jual. Perlihatkan sisi elegan toko Anda.
Cara menambahkan header toko:
Masuk ke Seller Center
Lazada.
Klik halaman toko Anda.
Klik bagian header toko.
Upload header yang sudah
dibuat.
Klik tombol Simpan.
Selesai.
Saran ukuran header toko di PC:
1200 x 128 px dan di Mobile: 750 x 188 px. Jangan lupa cantumkan logo
Anda.
Banner Toko
Banner muncul di bawah nama toko saat pengunjung scroll ke bawah. Lazada sudah
menyiapkan fitur Banner Builder.
Cara menggunakannya cukup mudah.
Buka halaman toko Anda di Seller
Center Lazada.
Scroll dan klik bagian
banner set.
Klik tambah banner.
Silakan buat banner sesuai
selera. Bisa menambah teks, mengubah warna, menyusun layout.
Klik tombol Simpan.
Selesai.
Banner Kategori
Banner kategori ialah banner khusus yang menampilkan produk Anda berdasarkan
kategori.
Caranya sama dengan banner toko, yakni:
Buka halaman toko Anda di Seller
Center Lazada.
Scroll dan klik bagian
banner kategori.
Klik tambah banner.
Upload banner Anda sesuai
kategori. Ukurannya bisa 1200 x 600 px.
Klik Simpan.
Selesai.
Diskon dan Voucher
Pada langkah sebelumnya kita
sudah bahas tentang membuat voucher. Nah, voucher ini bisa ditampilkan lewat
banner di toko Anda.
Cara menampilkannya sebagai berikut:
Buka halaman toko Anda di Seller
Center Lazada.
Scroll ke bawah, klik
bagian banner voucher.
Pastikan Anda sudah membuat
voucher toko.
Pilih voucher yang ingin
ditampilkan.
Klik tombol Publish.
Selesai.
Konten Terbaru dan Terlaris
Kini Cara Jualan di Lazada beralih ke produk terbaru
di toko Anda. Bisa ditampilkan supaya langsung mendapatkan penjualan.
Pun, untuk produk yang paling laris juga bisa ditonjolkan di halaman toko.
Supaya angka penjualannya makin meningkat, review meningkat, dan
performa toko pun meningkat.
Cara menampilkan konten terbaru dan terlaris di toko Anda, sebagai berikut:
Buka halaman toko Anda di Seller
Center Lazada.
Scroll ke bawah, klik
bagian banner produk.
Pilih produk mana yang
ingin ditampilkan di halaman depan. Bisa dipilih manual atau otomatis
dari yang paling laris, atau paling baru.
Seluruh strategi dan teknik untuk jualan di Lazada telah kami rangkum dan
sampaikan kepada Anda. Mulai dari buka toko, upload produk, optimasi konten,
promosi produk, hingga dekorasi toko.
0 komentar:
Posting Komentar